Minggu, 28 Februari 2016

Rekayasa genetik

Assalamuailaikum sahabat pembaca setia. kali ini say akan menulis sebuah artikel yang bertema tentang rekayasa genetik. disini penulis terinsperasi dari seorang guru penulis di sekolah dulu nama beliau DENY ANGREYANI. beliau merupakan seorang guru yang sangat penulis kagumi di sekolah dan sekaligus guru biologi penulis. masuk saja pada pembahasan sbb:
hasil rekayas genetik
Struktur rekayasa genetik

Rekayasa genetika adalah suatu proses manipulasi gen yang bertujuan untuk mendapatkan organisme yang unggul. Rekayasa genetika merupakan salah satu pokok bahasan dalam ilmu Bioteknologi
Secara ilmiah, rekayasa genetika adalah manipulasi genetik atau perubahan dalam susunan genetik dari suatu organisme. Rekayasa genetika merupakan proses buatan/sintetis dengan menggunakan Teknologi DNA rekombinan. Hasil dari rekayasa genetika adalah sebuah organisme yang memiliki sifat yang diingingkan atau organisme dengan sifat unggul, organisme tersebut sering disebut sebagai organisme transgenik. Rekayasa genetika sangat terkait dengan bidang bioteknologi lain seperti kloning hewan dan kloning manusia.

 Contoh Rekayasa Genetika 

Berikut ini adalah beberapa langkah- langkah atau proses rekayasa genetika yang dilakukan oleh ilmuwan:

  1. Melakukan identifikasi terhadap gen dan memulai proses isolasi gen yang sesuai keinginan.
  2. Menciptakan DNA copy atau salinan dari RNA Duta.
  3. Memasangkan cDNA yang dilakukan pada cincin plasmid
  4. Melakukan sebuah penyisipan DNA rekombinan kedalam tubuh/sel bakteri atau suatu organisme.
  5. Menghasilkan dai pembuatan klon bakteri yang mengandung DNA rekombinan
  6. Pemanenan hasil rekayasa genetika tersebut.
Upaya untuk melakukan perubahan DNA sel juga dapat dilakukan dengan berbagai banyak cara, seperti bisa dilakukan melalui transplantasi inti, fusi sel, teknologi plasmid, dan rekombinasi DNA. Pada dasarnya kegiatan rekayasa genetika adalah salah satu ilmu penerapan dari bioteknologi yang pemanfaatannya banyak dilakukan oleh manusia.
Rekaya genetika tentu memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan manusia yakni bisa membuat ketersediaan bahan makanan yang lebih melimpah, juga akan menyediakan sumber energy yang terbaharui sehingga membuat proses industri jadi lebih murah serta berkurangnya polusi. Rekayasa genetika juga bermanfaat untuk membuat suatu pestisida alami hasil dari tanaman rekayasa genetik dan manfaat yang paling penting rekayasa genetika tersebut adalah dapa membawa peningkatan derajat kesehatan manusia, dengan dihasilkannya berbagai hormon manusia seperti insulin dan hormon pertumbuhan.
Contoh proses rekayasa genetika adalah ketika Tahun 1989 merpakan pertama kalinya uji lapangan yang dilakukan terhadap kapas transgenik yang merupakan jenis kapas tahan terhadap serangga (Bt cotton) kemudian masih di tahun yang sama mulailah proses pemetaan gen pada tanaman (Plant Genome Project). Lalu pada tahun 1992 sebuah perusahaan yang dapat menyediakan benih memasukkan gen dari kacang Brasil ke kacang kedelai supaya kacang kedelai tersebut lebih sehat dengan mengoreksi defisiensi alami kacang kedelai sebagai bahan kimia metionin.
contoh lainnya juga pernah dilakukan oleh ilmuwan yang bernama Robert Brigs dan Thomas J. King (AS) mencoba teknik kloning pada katak pada tahun 1952. Lalu sepuluh tahun dari penelitian yang dilakukan oleh Brigs dan Thomas atau pada tahun 1962, seorang ilmuwan bernama John B. Gurdon juga mencoba melakukan teknik kloning pada katak, tetapi di dalam percobaan yang dia lakukan hanya menghasilkan banyak katak yang abnormal.
PEMANFAATAN DARI REKAYASA GENETIK    Memodifikasi genetic hewan telah banyak dilakukan dengan tujuan  memiliki berbagai macam manfaat yang bisa diambil, antara lain :
  1. Dibidang Sains dan Kedokteran
  2. Pengobatan penyakit,
   Misalnya : beberapa penelitian telah menggunakan protein pada menusia ke dalam gen hewan, contohnya domba atau sapi yang akan menghasilkan susu yang memiliki protein dari gen manusia yang akan digunakan untuk penyembuhan manusia.Modifikasi hasil produksi hewan  Contoh : banyak Negara melakukan rekayasa genetic pada hewan ternak yang diharapkan akan menghasilkan hewan dangan pertumbuhan yang cepat, tahan terhadap penyakit, bahkan menghasilkan protein atau susu yang sangat bermanfaat bagi manusia.
sekian dulu yang dapat penulis sampai kan semoga bermanfaat jangan lupa kunjungi terus blog
http://inspirasizalman.blogspot.co.id/
Load disqus comments

0 komentar